October 24, 2020

Teknik Renang Gaya Bebas – Dasar-dasar

Pelatihan untuk triathlon Sekarang saya telah berenang gaya bebas selama 8 tahun dan telah sampai pada kesimpulan bahwa untuk perenang rata-rata teknik dasar yang sama berlaku untuk jarak apa pun dari 400 meter ke atas. Pelatihan harus diarahkan untuk membangun ketahanan untuk berenang jarak yang lebih jauh dengan mengembangkan teknik yang konsisten dan benar, yang didasarkan pada pencapaian efisiensi gaya bebas yang lebih besar. Ini pada gilirannya akan memungkinkan Anda untuk berenang lebih cepat dalam jarak yang lebih jauh dengan menggunakan lebih sedikit energi daripada yang mungkin Anda gunakan saat ini, terutama jika Anda berjuang untuk berenang hanya untuk beberapa jarak. Saya jelas bukan perenang terbaik di luar sana tetapi saya telah belajar dari waktu ke waktu bahwa hanya setelah Anda mempelajari teknik dasar gaya bebas berenang, Anda akan mulai berenang lebih lama dengan sedikit usaha sambil mengembangkan gerakan yang halus, cepat dan kuat.

Awalnya, Anda harus mencoba memvisualisasikan gaya renang Anda saat ini (mungkin meminta seseorang yang Anda kenal untuk memperhatikan Anda), lalu tanyakan pada diri Anda apakah Anda melakukan hal berikut:

Apakah Anda berenang “pintar”: Berenang jarak jauh bukan hanya tentang berlatih jarak jauh di dalam kolam. Ini harus lebih didasarkan pada ketahanan dan penghematan pukulan daripada jarak dan kecepatan saja, sesuatu yang dapat Anda tingkatkan dengan mempelajari beberapa teknik dasar yang mungkin telah Anda abaikan atau lupakan di masa lalu. Perhatikan sekali lagi entri lengan, rotasi tubuh, tendangan dan pernapasan Anda, dan temukan beberapa latihan yang memungkinkan Anda melatih elemen-elemen kunci ini dari pukulan Anda.

Dapatkah Anda mengurangi jumlah pukulan Anda: Dengan teknik yang ditingkatkan yang mengarah ke pukulan yang lebih panjang dan lebih halus, Anda seharusnya dapat mengurangi jumlah pukulan yang Anda ambil pada jarak tertentu. Lebih sedikit pukulan = lebih banyak efisiensi = lebih sedikit energi yang digunakan.

Apakah pelatihan Anda intens: Pelatihan pada intinya harus dalam intensitas sedang, bukan ‘mendatar’. Cobalah untuk mempertahankan kecepatan yang konsisten di sebagian besar sesi latihan Anda sambil mencoba menetapkan ritme pada pukulan Anda. Jangan terlalu khawatir tentang kecepatan, karena efisiensi kayuhan Anda meningkat, begitu juga dengan kecepatan Anda dan Anda secara alami akan melaju lebih cepat.

Bagaimana posisi tubuh dan pernapasan Anda: Cobalah untuk mengembangkan posisi tubuh yang konsisten dan benar. Ini harus dengan wajah dan bagian atas kepala Anda di dalam air dengan dada mendorong ke bawah, yang secara alami akan membuat kaki Anda lebih tinggi di dalam air. Setelah Anda memiliki posisi tubuh dasar, ini akan memungkinkan Anda bernapas lebih mudah selama stroke; ke samping dan di bawah lengan saat melakukan pukulan tanpa mengangkat kepala Anda. Cobalah untuk mengembangkan lebih dari satu pola dan bernapas dua lateral jika memungkinkan. Teknik pernapasan yang baik memungkinkan gerakan yang mulus karena Anda tidak lagi merasa sesak atau kesulitan menghirup udara.

Apakah Anda memiliki peralatan yang benar: Ada banyak peralatan pelatihan di luar sana yang semuanya menjanjikan untuk membuat Anda berenang lebih cepat dan lebih baik. Saya telah mencoba beberapa di antaranya dan pada akhirnya ini adalah preferensi pribadi, tetapi selama bertahun-tahun ini adalah barang-barang yang bagi saya harus dimiliki:

  1. Sepasang kacamata renang yang bagus (Anda tidak akan pernah mengembangkan posisi tubuh dan pola pernapasan yang baik jika wajah Anda keluar dari air).
  2. Celana renang yang bagus (Anda tidak akan bisa jauh dengan celana pendek pantai yang longgar).
  3. Topi renang (terutama jika Anda memiliki rambut yang lebih panjang)
  4. Penyumbat telinga dan / atau penjepit hidung (ini akan membantu jika Anda tidak yakin harus memasukkan wajah ke dalam air)
  5. Sepasang sirip (ini akan memungkinkan Anda untuk mengembangkan pukulan Anda tanpa harus mengkhawatirkan tendangan Anda).
  6. Floats (baik Kick board maupun Pull Boys untuk membantu mengembangkan posisi tubuh yang benar).

Kuncinya adalah mempelajari dan mempraktikkan teknik renang gaya bebas yang benar dan memahami dasar-dasar renang gaya bebas yang kemudian menjadi kebiasaan. Anda kemudian dapat mulai menerapkannya secara konsisten selama rutinitas latihan Anda.

Itu saja untuk saat ini, tetapi saya akan memperluas beberapa poin yang telah saya singgung di artikel mendatang. Hal terbaiknya adalah, tidak sulit untuk mencapai teknik yang baik dan begitu Anda memilikinya, Anda tidak akan pernah melupakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *