October 24, 2020

Di Belanda, Mereka Harumkan Indonesia Melalui Drum Band

Mengharumkan nama bangsa di mata dunia, dapat dicoba dengan bermacam perihal positif. Salah satunya lewat aktivitas Drum Band yang diketahui bagaikan salah satu aktivitas seni ataupun berolahraga.

Pencapaian inilah yang pula didapatkan oleh kelompok Drum Band yang menamakan diri, Indonesia Drum Corps( IDC) yang tercipta pada Mei 2017. Kelompok Drum band ini diprakarsai oleh Liesma Burhanuddin yang jadi pemain trumpet dalam kelompok Marching Band semenjak masa SMA nya di tahun 1980- an.

Awal mulanya, kata Liesma, pada Februari 2017, dia bersama sahabatnya telah mendaftar buat menjajaki World Music Contest( WMC) ke- 18 tahun di Kota Kerkrade, Belanda.

WMC ialah gelaran 4 tahunan yang diselenggarakan di suatu kota kecil yang asri di Belanda. Aktivitas tersebut berlangsung sepanjang Bulan Juli serta penerapannya diadakan tiap Sabtu serta Minggu dengan tujuan buat menarik turis tiba berkunjung ke kota ini.

Namun bersamaan berjalannya waktu jual drumband , kata Liesma, anggota unit( kelompok)– yang kala itu belum bernama IDC, menurun sedikit demi sedikit, sehingga kesimpulannya cuma tinggal 6 orang.

” Kemudian kami mulai mencari anggota bonus dengan persyaratan, anggota tersebut telah pandai bermain Marching Band, baik baris berbaris serta mampu membayar bayaran keberangkatan buat turut pertandingan di WMC,” cerita ia kepada suara. com, sebagian waktu kemudian.

Kesimpulannya, dikala itu terkumpul 42 anggota yang terdiri dari bermacam unit yang terdapat di Jakarta, Bekasi serta Bandung. Dari sanalah, lanjut Liesma, unit yang baru tersebut menamakan diri mereka” Indonesia Drum Corps” yang anggotanya berisi alumni, mantan pemain serta pula para pelatih Drum Band.

” Kami mempunyai tekad buat senantiasa maju, buat Merah Putih dengan nama unit baru serta kami mengulang registrasi kembali ke panitia WMC dengan nama unit baru tersebut,” ucapnya lagi.

Langkah IDC buat mengarah WMC tidaklah perihal yang gampang. Sehabis kekurangan regu, mereka wajib mencari pelatih, mencari perlengkapan mengingat tidak seluruh pemain mempunyai perlengkapan sendiri sampai mencari lapangan buat mereka berlatih.

Tetapi berkat doa serta kerja keras segala pengurus, lanjut ia, kesimpulannya sponsor juga berdatangan walaupun tidak bertepatan. Regu juga setelah itu dilepas secara simbolis oleh Asisten Deputi Berolahraga Tamasya Departemen Pemuda serta Berolahraga Arief Nurbani dalam suatu konser pamit di GOR Ragunan pada 6 Juli 2017, sore.

” Regu bertolak keesokan harinya, buat terbang dari Lapangan terbang Soekarno- Hatta, Sabtu 8 Juli jam 00. 20 menumpang Qatar Airways yang membagikan harga spesial. Suatu kegiatan simpel yang penuh haru di mana para orangtua pula muncul melepas keberangkatan kanak- kanak IDC,” ucapnya lagi.

Sehabis melewati perjuangan yang lumayan panjang, kata ia kesimpulannya IDC sukses menampilkan hasil yang tidak mengecewakan ialah Medali Perunggu buat Marching Competition di hari awal pada 15 Juli 2017 serta Medali Perak buat Show Competition di hari kedua 16 Juli di Belanda. Tetapi, kata Liesma, ini tidaklah akhir untuk IDC, tetapi malah bisa jadi dini yang baik untuk mereka buat terus meningkatkan kemampuan yang kanak- kanak bangsa, mengingat anggota IDC dikala ini terdiri dari umur yang masih sangat muda, mulai 11- 23 tahun.

” Kami hendak senantiasa memajukan unit ini serta harapan ke depannya kami hendak senantiasa menjajaki bermacam pertandingan, baik di dalam ataupun di luar Indonesia supaya pengalaman bertanding regu senantiasa terasah serta kian baik,” ucap ia.

IDC senantiasa melaksanakan aktivitas teratur, ialah berlatih di hari Sabtu serta Minggu di lapangan parkir Gedung Kemenpora Senayan Jakarta. Dalam waktu dekat, kata ia IDC hendak mengadakan Open Recruitment buat anggota baru.

Apabila mau bergabung, kata Liesma, calon anggota tersebut wajib telah dapat bermain serta dapat baris berbaris. Tetapi sayangnya, sampai saat ini IDC masih terbentur perlengkapan, sebab dikala ini perlengkapan masih didapatkan dari pinjaman sebagian unit yang ingin meminjamkan.

Dalam waktu dekat, sebagian event menanti ialah aktivitas Hari Berolahraga Nasional( HAORNAS) di Magelang pada 9 September 2017 atas undangan dari pihak KEMENPORA, Colour Run yang diadakan di Bintaro Xchange pada bertepatan pada 1 Oktober 2017 sampai Pertandingan Indonesia Drum Corps Championship di Kota Serbu pada 12- 15 Oktober 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *