December 2, 2020

Bunga Celosia, Bunga Jengger Ayam Memanglah Menawan

Bunga celosia ataupun diucap bunga jengger ayam ini masih satu family Amaranthaceae ataupun bayam- bayaman. Tumbuhan celosia di Indonesia memiliki aneka nama panggilan. Misalnya, orang Jawa menyebutnya bunga Jengger Ayam, Jawer Kotok( Sunda), Bayam Biludu( Sumatera).

Tumbuhan celosia ialah tumbuhan semusim namun kadangkala bisa hidup dalam 2 masa bergantung kondisinya. Celosia merupakan tumbuhan semak, yang berarti nampak sangat baik ditanam dalam kelompok besar dengan menonjolkan corak yang senada serta seragam. Sebagian varietas pula mempunyai dedaunan bercorak perunggu, sehingga menciptakan kontras corak yang lebih baik. Tipe celosia besar sangat bagus buat digunakan bagaikan bunga potong, bertahan hingga 3 minggu di dalam ruangan, ataupun buat bunga kering.

Tumbuhan Celosia bisa berkembang lumayan besar sampai menggapai 1 m. Memilih spesies yang pendek apabila hendak ditonjolkan buat tumbuhan latar depan. Wujud daun celosia merupakan lanset memanjang ke arah ujung batang. Pada waktu berbunga, bunga celosia hendak keluar di ujung ranting. Tampilan bunga celosia memanglah sangat menarik kala mekar. Corak bunga celosia dari ungu, merah, kuning, ungu, serta campuran corak tersebut.

Banyak orang yang membudidayakan bunga celosia baik buat hoby ataupun bisnis. Perihal ini sebab usaha budidaya celosia lumayan menguntungkan serta menjanjikan. Langkah- langkah budidaya bunga celosia memanglah gampang serta tidak memerlukan perawatan yang spesial. Bunga celosia ini bisa hidup berkembang produktif dengan gampang. Harga jual bunga celosia lumayan menguntungkan. Harga buat bunga celosia per pot mulai Rp 10. 000 sampai Rp 20. 000, bergantung dari trend bunga potong yang terdapat di pasaran

Menanam Tumbuhan Celosia alamalami.com

Benih celosia hendaknya ditabur di dasar naungan 6 minggu saat sebelum ditanam di luar. Kamu pula bisa membeli bibit dari toko bibit bunga setempat. Tumbuhan memerlukan lumayan cahaya matahari penuh buat memperoleh bunga yang terbaik. Bunga celosia hendak bercorak lebih cerah serta menyala apabila tercukupi cahaya matahari.

Tanamlah diluar, di lahan yang sudah disipakan dengan media yang porous serta terpisah dekat 6 hingga 12 inci bergantung kerapatan yang kamu mau. Media tanam celosia yang sesuai merupakan kombinasi tanah, pasir, serta kompos dengan perbandingan 1: 1: 1. Tumbuhan muda memerlukan lumayan cahaya matahari hingga hendaknya tidak menanamnya pada puncak masa hujan.

Saluran pembuangan ataupun irigasi yang kurang baik dapat menimbulkan busuk pangkal pada tumbuhan Celosia. Hendaknya tumbuhan ditanam pada bedeng tanam yang bebas dari genangan air yang lama ataupun di tanah liat berpasir. Kelompokkanlah varietas dengan besar sama ataupun berilah pancang buat menghindari angin kencang mematahkan batangnya. Kamu tidak butuh takut bila batangnya rusak, tunas samping hendak tercipta serta senantiasa hendak menghasilkan bunga walaupun tidak sebesar batang utama.

Pemupukan dicoba tiap bulan dengan bahan santapan organik utuh supaya senantiasa berbunga. Jaga supaya tumbuhan senantiasa disiram dengan baik. Dengan cuaca yang kadang- kadang hujan, celosia cenderung memerlukan sedikit pupuk nitrogen bonus buat berkembang. Berilah sedikit dosis pupuk emulsi ikan pas sehabis tanam buat menolong tumbuhan muda yang nampak kuning.

Tumbuhan Celosia gampang berkembang serta tidak memperlukan perawatan spesial. Hambatan cuma pada hama sebab tekstur daun yang lembut. Tumbuhan ini sesuai ditanam secara berkelompok bagaikan tumbuhan hamparan ataupun pembatas. Campuran tumbuhan Celosia sesuai buat berpasangan dengan bunga tahunan yang lain, semacam zinnia, marigold serta bayam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *