December 2, 2020

Tipe Ikan Koi Buat Budidaya

Salah satu komoditi ikan hias yang hingga dikala ini terus menjadi banyak peminatnya, paling utama di Indonesia ialah ikan koi( Cyprinus carpio). Metode budidaya ikan koi ialah salah satu ikan hias yang sangat di gemari oleh pecinta ikan hias sebab mempunyai corak yang terang dengan warna yang corak warni.

Warna inilah yang menarik hati siapapun yang melihatnya ikan koi blitar . Secara garis besar ikan koi di klasifikasikan dalam 13 jenis antara lain:

Sanke

Showa

Bekko

Utsurimono

Asagi

Shusui

Tancho

Hikari

Koromo

Ogon

Kohaku

Kingirin

Kawarimono.

Salah satu dari tipe ikan koi diatas pula dibudidayakan oleh Mitra kami Pak Tommy, coraknya yang bermacam- macam serta menarik pasti jadi energi Tarik tertentu. Pemakaian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan diakui dia sendiri bisa mengoptimalkan perawatan pada ikan koi

Dulur dapat pula mempraktikkan sebagian perihal berarti menimpa budidaya ikan koi yang teruji menciptakan ini, hingga dari itu ikuti tahapannya hingga akhir ya lur!

Aspek Berarti Pada Budidaya Ikan Koi

Terdapat sebagian aspek yang wajib di perhatikan buat dini budidaya ikan koi sebab ikan koi mempunyai watak yang sangat sensitive dengan terdapatnya pergantian temperatur air kolam, pergantian pakan, air kolam yang kotor.

Terdapat bebrapa tahapan yang butuh dulur perhatikan dalam budidaya ikan koi antara lain:

A.

Persiapan Kolam Ikan Koi

Dalam mengawali persiapan kolam yang cocok buat ikan koi, pasti perihal yang diperlukan buat tingkatkan hasil secara optimal.

Dengan menggunakkan kolam yang dibuat dari semen jadi salah satu perihal yang gampang buat dibesarkan dalam skala budidaya.

Pak Tommy Mitra GDM yang mengatakan jika dia memakai kolam semen dan buat mendukung perawatan ikan koi

karena kuman premium Micrococcus roseus dalam GDM BlackBos bisa menciptakan melamin astaxalithin pada ikan, sehingga corak ikan koi bisa terus menjadi terang.

Buat pengaplikasiannya lumayan 1 tutup GDM BlackBos yang diberikan dikala persiapan kolam ya lur.

B.

Melindungi Mutu Air Kolam Budidaya Ikan Koi

Mutu air kolam koi dipengaruhi oleh sumber air serta sistem filteasi yang di pakai. Sumber air dapat dari air tanah serta PDAM. Air PDAM mempunyai kandungan pH yang mendekati netral sehingga baik di pakai.

Terdapat sebagian metode yang wajib di jalani saat sebelum air PAM di masukkan ke kolam. Salah satunya berikut ini:

Air wajib di endapkan sepanjang 12– 24 jam serta diberi aerasi buat memperkaya oksigen yang terlarut.

Jauhi pemakaian antiklorin pada kolam sebab bisa merangsang dampak negative untuk kesehatan ikan koi.

Mutu air mencakup pH air, temperatur, kesadahan serta oksigen dalam air. Kandungan oksigen yang terlarut( DO- dissolve oxygen) wajib lumayan sedikit 5, 5 ppm. Gejala kurang oksigen antara lain ikan kerap ke permukaan, ikan cenderung tidak kasar, ikan koi banyak diam.

Koi tercantum bisa menyesuaikan diri terhadap temperatur serta pH, tetapi wajib senantiasa di jaga kestabilannya mutlaknya. Ikan koi sesuai dalam air bersuhu 24- 25°c

buat pHnya 6, 5- 7, 4 sebaliknya buat mencerahkan corak pH berkisar

6, 8– 7, 2 sedangkan kesadahan 2- 20° HD, nitrit kurang dari 0, 1 ppm.

C. Mengubah Air Kolam 2 minggu Sekali

Supaya mutu air kolam koi senantiasa baik dalam budidaya ikan koi, hingga wajib di jalani dengan metode berikut ini:

Mengubah air kolam secara tertib. Hendaknya waktu penggantian air kolam koi ialah tiap 2 minggu sekali.

Metode ini di lakukakan apabila memakai penyaring berdimensi kecil. Tujuannya buat mensterilkan zat beracun dari sisa santapan.

Bilas kolam memakai selang buat menyedot dasar kolam. Sedangkan kotoran di permukaan di ambil serta di buang. Buat peburasan juga jangan sangat kerap bisa menyebabkan ikan hendak hadapi stress.

D. Pembatasan Jumlah Ikan Dalam Kolam serta kandungan keasaman kolam

Pembatasan jumlah ikan pada metode budidaya ikan koi bertujuan buat memperluas ruang gerak pada ikan, sehingga perkembangan ikan koi jadi lebih optimal.

Bila dalam satu kolam mempunyai kapasitas yang tidak cocok( sangat padat) bisa menimbulkan petumbuhan ikan terhambat.

Tidak hanya pembatasan jumlah ikan yang wajib di perhatikan kandungan keasamaan air kolam buat ikan koi. Kandungan keasaman buat ikan koi menggapai tingkat 6, 5- 8, 5 serta wajib senantiasa di jaga supaya ikan koi senantiasa sehat.

Pak Tommy Mitra kami mengatakan buat manajemen kolam air sendiri, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan sangat cocok buat perawatan air kolam yang pastinya sangat melindungi tingkatan kejernihannya.

Salah satunya isi kuman premium Bacillus mycoides dalam Suplemen Organik Cair GDM yang bisa meminimalisir kandungan amoniak yang terdapat didalam air kolam.

Memilih Indukan Ikan Koi Yang Berkualitas

Langkah berikutnya dulur dapat memilah indukan yang bermutu, yang berarti mempunyai mutu kegesitan serta warna corak yang menarik nyatanya.

Pemilhan indukan salah satu aspek berarti buat awalan budidaya ikan koi. Seleksi indukan yang mempunyai genetic yang bagus hingga hendak menciptakan pula generasi yang bagus pula. Berikut dulur bisa mengenali metode memlih calon indukan yang baik antara lain:

Usia ikan telah matang ialah lebih dari 2 tahun

Mempunyai varietas ataupun tipe yang sama

Wujud badannya sempurna( panjang serta lurus), sirip serta ekor melebar

Berenang tenang serta seimbang

Corak cermelang, terang, kontras serta tidak cacat tubuh

Tidak berenang di dasar kolam

Nafsu makan tinggi

Seleksi jantan serta betina yang telah matang gonad serta siap buat di pijahkan

Pemeliharaan Indukan Ikan Koi Secara Khusus

Membagikan SOC GDM dengan pallet

Sebagian tahapan yang mendukung perkembangan indukan ikan koi inilah yang hendak menciptakan mutu ikan koi berkembang dengan baik serta bagus. Berikut tahapan yang dapat dulur pratekkan ya:

Buat pemeliharaan indukan koi tempatkan pada kolam spesial dengan kedalaman kolam+/- 150 centimeter ataupun boleh lebih dalam lebih baik.

Tidak hanya itu kepadatanya pula wajib di perhatikan dalam satu kolam dengan dimensi 4×5 m cuma boleh diisi optimal 20 ekor indukan betina. disebabkan perkembangan ikan betina umumnya jauh lebih besar dibanding jantan sehingga dalam satu kolam tidak boleh sangat padat.

Lagi buat indukan jantan dalam satu kolam sanggup diisi 40 ekor saja. Indukan jantan serta betina di pelihara pada kolam secara terpisah tujuannya supaya indukan betina tidak hadapi pemberokan( tidak di beri pakan) lagi.

Pakan yang di bagikan sepanjang proses pemeliharaan ialah pellet dengan dimensi 8 milimeter dengan jumlah pemberian per harinya 3– 5% dari bobot badan ikan serta frekuensi pemberian 2– 4 kali dalam satu hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *